Di zaman sekarang semua orang tidak terlepas dari media sosial. Dengan media sosial semua berasa
lebih cepat untuk melakukan sesuatu. Mulai dari melihat berita lokal hingga manca negara bisa hanya
dengan media sosial.
Media sosial memang semakin canggih. Sekarang semua, tidak hanya untuk hiburan atau Cuma
untuk mencari informasi saja media sosial bahkan juga bisa digunakan untuk mengembangkan bisnis.
Untuk memulai bisnis biasanya orang selalu memikirkan cara supaya bisnis dapat berkembang
dengan baik dan cepat. Untuk itu disini dijelaskan bisnis cepat lewat sosial media.
Pengertian sosial media
Media sosial adalah sebuah media daring yang digunakan satu sama lain yang para penggunanya bisa
dengan mudah berpartisipasi, berinteraksi, berbagi, dan menciptakan isi blog, jejaring sosial, wiki,
forum dan dunia virtual tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu.
Peran media sosial
* Sosial media merupakan cara yang mudah untuk mencari tahu lebih banyak tentang pelanggan
* Sosial media membatu pencarian target konsumen lebih efektif
* Sosial media membatu untuk mencari konsumen baru dan memperluas jaringan pasar
* Sosial media dapat memberikan informasi lebih cepat
* Sosial media memudahkan konsumen untuk memberikan feedback mengenai bisnis secara
langsung
* Sosial media memudahkan konsumen untuk menjangkau bisnis yang dijalani
Mengelola media sosial untuk bisnis
* Membuat tim pengelola khusus
Sebelum memulai menjalankan bisnis, harus dipikir seperti apa bisnis yang kita jalani
nantinya.salah satunya dengan membuat tim pengelola khusus untuk mengembangkan bisnis
contohnya seperti membuat tim produksi, tim marketing dan tim produksi. Tim-tim tersebut harus
dipisah sesuai bagian agar tidak rancu.
* Tentukan target dan tujuan
Sebelum bisnis berjalan tentukan target dan tujuannya terlebih dahulu. Kita harus melihat dulu
target yang dituju agar kita tidak salah dalam mempromosikan produk. Misalnya kita akan
berjualan hijab, kemudian target yang dituju yaitu anak-anak muda tetapi produk yang
dipromosikan yaitu hijab jaman dulu. Sehingga produk tersebut tidak laku. Kemudian
menentukan tujuan dari bisnis, kita menjalankan bisnis ini tujuannya untuk apa sih ? maka dari
itu agar tidak bingung kita harus pikirin matang-matang untuk memulainya.
* Membuat jadwal konten
Membuat jadwal adalah salah satu hal penting untuk mengembangkan bisnis. Tujuan dari
membuat jadwal konten ini agar lebih teratur dan agar konsumen informasi tentang produk.
1. Membuat konten menarik
Setelah membuat jadwal konten, selanjutnya kita menyiapkan konten yang dapat menarik minta
konsumen agar konsumen mau membeli atau mencoba priduk yang kita tawarkan.
Manfaat media sosial untuk mengembangkan bisnis
* Mengidentifikasi permintaan pasar
* Membuat video tutorial
* Membuat media sosial untuk mempromosikan produk
* Mencari influencer yang sesuai untuk membantu mempromosikan produk
* Memasang iklan
Demikian artike yang diberikan, Ada banyak ide bisnis yang bisa dilakukan dan bisa dikembangkan.
Apapun bisnis yang dijalankan dengan media apapun jika dilakukan dengan sungguh-sungguh pasti
0 komentar:
Posting Komentar